Kamis, 21 Maret 2013

Ketan Gurih






Dear trio host TAH,..

Barapa hari nelen ludah liat laporan temen2 sampe bingung mau bikin apa, lha wong rata2 udh ada laporannya :D So, kali ini mau coba setor laporan jajanan tradisional yg sudah saya akrabi dari kecil, kelihatannya mudah cara membuatnya :D

Pertama kali makan Ketan Gurih ini karena saat saya msh kecil, persis di sebelah rumah dulu adalah penjual jajanan kampung, saat beliau beraktifitas tak jarang saya melihat cara pembuatannya.
Saat ada event ini, ada beberapa jajanan beliau yg saya kangeni, salah satunya adalah ketan gurih & jalabia :)
Saya sendiri kurang tahu darimana jajanan ini berasal, dan nama ketan gurih inipun mungkin di tempat lain bisa jadi berbeda .
Sepintas ketan gurih ini mirip dengan ketan serundeng, karena bahan & cara mengemasnya pun kurang lebih sama, dibungkus dengan daun pisang yg disemat dgn lidi.

Resep ini mungkin sudah bukan yg orisinil lagi, saya dapat dari asisten rumah yg masih ngerti jajanan kampung.
Dan ternyata saudara2, gak mudah membuat jajanan tradisional, walaupun gak pakai telur & emulsifier, ternyata kans untuk gagal juga terjadi pada saya, percobaan pertama yg saya buat, si ketan terlalu lembek krn kebanyakan air & saya tumbuk  :D

Tapi begitu berhasil, waaahhhh...puas bangetttt..!!
Menikmati ketan gurih ini dengan teh poci di sore hari.

Hmmmm,.. Nikmatnya.. :)

Ketan Gurih

Bahan :
250gr Beras ketan
100cc santal kental, beri sejumput garam, masak hingga mendidih. Sisihkan.

Bumbu:
3 buah cabai merah, haluskan (bila suka pedas, bisa ditambahkan banyaknya cabai)
5 sdm gula pasir yg kasar
1 butir kelapa tua ukuran sedang, kupas & parut, kemudian sangrai sampai 1/2 kering.

Cara membuat :

  1. Cuci beras ketan hingga bersih
  2. Kukus beras ketan hingga lengket (1/2 matang) ± 10-15mnt
  3. Angkat beras ketan, taruh dalam wadah kemudian aduk sambil tuangi santan kental sedikit demi sedikit, jangan sampai ketan terlalu basah karena bisa mengakibatkan ketan menjadi sangat lembek.
  4. (Banyaknya santan dapat dikurangi/ditambah,tergantung bagus/tidaknya jenis beras ketan)
  5. Kukus kembali beras ketan hingga matang.
  6. Setelah matang, angkat kemudian taruh dalam wadah yg telah dialas daun pisang atau plastik.
  7. Padatkan ketan dengan cara ditekan (saya menggunakan ulekan yg telah dibungkus dg plastik)
  8. Potong/bentuk ketan sesuai selera. Sisihkan


Bumbu gurih :

  • Masukkan cabai merah yg sudah dihaluskan kedalam kelapa sangrai, lanjutkan sangrai hingga kelapa benar2 kering. Angkat
  • Haluskan kelapa sangrai dengan ulekan hingga halus/sesuai selera.
  • (Dalam hal ini kelapa sangrai menjadi butiran2 halus & tidak berbentuk spt parutan kelapa)
  • Setelah mendapat tekstur yg diharapkan, masukkan gula pasir, ulek kasar hingga masih terasa butirannya.


Cara penyajian :
- Taruh bumbu gurih diatas ketan yg sudah dipotong2.
- Hidangkan & siap disantap.

Demikian laporan saya, semoga berkenan & bermanfaat.

Salam Jajanan Tradisional Indonesia :)

endah 'ienk'

Aras' Kitchen
http://araskitchen.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar