Rabu, 10 April 2013

Agar Labu Kuning


Berikut hasil kerja dapur saya minggu lalu ya:-) 

Kenangan kedua tentang kue tradisional membawa saya kepada ingatan rasa enak gurih dan manisnya agar labu kuning. Saya sangat suka agar labu kuning ini.  Persisnya saya tidak tau dijual dimana dan aslinya dari mana. Buat saya karena agar labu kuning ini menjadi bagian kue tradisional di keluarga kami. Gampang membuatnya dan tak sulit bahannya. Awalnya dulu yang saya ingat, kakak sepupu saya membuatnya dan sering membawanya ke rumah sebagai buah tangan. Menurutnya resep dia dapat dari majalah. Tapi sayang waktu itu saya belum berminat dengan resep-resep masakan. Taunya makan aja hehehe. Jadi maafkan saya ya teman kalo ga punya resep aslinya. Mau google kok saya malah lebih tertantang membuat sendiri. Akhirnya jadilah agar labu kuning ini saya buat hanya berbekal imaginasi rasa agar labu kuning yang sering saya makan dulu waktu anak-anak. Buat saya prinsipnya karena pakai agar-agar pasti deh nanti jadi juga. Yang jelas airnya jangan kebanyakan aja hehehe. So, dengan pedenya saya coba sendiri dan hasilnya seperti yang ada di gambar. Enak kok



Agar Labu Kuning

Bahan
500 gr labu kuning (pilih yang cukup matang atau tua)
1500ml santan dari 1 butir kelapa
Gula merah 250 gr (pilih yang premium karena lebih bersih)
Gula pasir 100 gr
Agar-agar putih isi 10 gr 2 bungkus
3 lembar daun pandan
1 sdt vanili
1 sdt garam halus

Cara Membuat
  1. Kupas labu kuning, potong-potong sebesar kepalan tangan. Lalu rebus hingga lembut. Dinginkan dan hancurkan dengan memakai garpu hingga halus seperti makanan bayi.
  2. Peras kelapa dan ambil santannya sebanyak 1500ml. Sisihkan.
  3. Ambil gula merah sisir dengan memakai pisau. Sisihkan.
  4. Masukkan agar-agar ke dalam panci lalu masukkan santan dan diaduk hingga tercampur rata, tambahkan gula pasir dan gula merah, vanili, garam dan daun pandan dan terakhir masukkan bubur labu kuning.  Aduk hingga labu kuning tidak terlihat lagi ada yang menggumpal.
  5. Masak dengan api sedang sambil terus diaduk supaya santannya tidak pecah.
  6. Setelah mendidih tuang ke dalam cetakan.
  7. Dinginkan dan masukkan ke kulkas semalaman.
  8. Keluarkan dan potong-potong. Siap dinikmati.
Sekian laporan saya.
Makasih untuk Host-Host yang baik hati.

Salam Kue Tradisional Enak,
Tati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar