Rabu, 10 April 2013

Gula Kacang (Ampyang)


Dear Ibu Host NCCJTIW,

Berikut laporan saya yang kelima untuk NCCJTIW mumpung masih belum berakhir J
Saya berusaha kasih foto step by stepnya untuk setiap laporan NCCJTIW biarpun fotonya seadanya yaa
Kali ini saya membuat Gula Kacang atau kalo ditempat suami saya di Solo sana namanya Ampyang
Gula kacang ini sepertinya ada disetiap daerah yaa.. sebelum menggunakan resep yang saya buat ini saya selalu gagal membuat gula kacang
Mulai dari yang adonannya menjadi gulali sehingga sangat lengket dan susah dicetak pernah juga adonannya terlalu masir atau gulanya berasa beremah sehingga rapuh

Untuk resep kali ini saya memakai resep dari Ibu Mertua, beliau selalu dapat membuat Gula Kacang yang menurut saya pas sekali tekstur dan rasanya serta bentuknya juga rapi seukuran.. hehe untuk yang saya buat ini bentuknya tidak karu2an tetapi untuk rasa dan tekstur sudah berhasil ok

Berikut resepnya ya

Gula Kacang aka Ampyang
Resep by Ibu mertua Irma

Bahan :
1 kg Gula pasir
1 kg kacang tanah
400 gr gula merah sisir
1 sdt garam
200 ml air putih

Cara membuat
  1. Campur semua bahan jadi 1 diatas wajan kemudian panaskan diatas kompor sambil diaduk2 sampai mengental
  2. Setelah adonan cukup kentalnya cetak diatas tampah sesuai selera
  3. Jika adonan mulai mengeras tambahkan sedikit air lalu panaskan kembali sampai mengental dan segera cetak
Selamat Mencoba,
Dewi Irma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar