Rabu, 10 April 2013

Kue Gandus






Dear Trio TAH..

Pagi-pagi tadi ubek2 dapur demi bikin si Kue Gandus. Udah lamaaaa banget mau bikin kue ini. Awalnya karna teman akrab saya,si Yuni, yang waktu itu lagi hamil masang DP ini di BBnya. Resep pun diminta, tapi prakteknya baru kesampaian sekarang. Sekarang si Yuni udah melahirkan,dan baby Radith udah umur 2 bulanan. Ga apa2 ya saya baru bikin sekarang.. Yang penting kesampaian makan Kue Gandus. Hahaha.

Kue Gandus berasal dari Sumatera Selatan. Pecahan Sum-Sel yang sekarang sudah menjadi provinsi lain pun mempunyai kue yang sama dengan kue Gandus namun ada yang menyebutnya kue Masin.

Resepnya saya peroleh dari Ibu-nya Yuni setelah BBM-an membahas si Gandus.hehe. Makasih ya buuukk..

Tadi selesai fotoin kue gandus, langsung BBM-an sama Yuni dan komentar Ibu hasil Kue Gandus saya lebih bagus dari buatan Ibu. Haahahaha.. Ibu bisa ajaaaahhh.. Kan saya jadi ge-er,buk! Heheehe..

KUE GANDUS

Bahan:
200 gram tepung beras
50 gram tepung sagu tani
1/2 sdt garam
800 ml santan hangat dari satu butir kelapa.

Taburan:
30 gram ebi,rendam air panas,tiriskan,haluskan
2 batang seledri,iris halus
2 sdm bawang goreng
2 buah cabe keriting,iris tipis

Cara membuat:

  1. Panaskan dandang.
  2. Campur tepung beras, tepung sagu dan garam. Masukkan santan pelan2 sambil terus diaduk sampai licin.
  3. Tuang ke loyang yang sudah diolesin minyak (bisa juga pake cucing).
  4. Kukus selama 15 menit dengan api sedang.
  5. Tabur aneka taburan di atas adonan kue. Kukus kembali selama 15 menit sampai matang.

Taraaaa... Jadi deh sarapan pagi ini. Rasanya asin2 gurih gimanaaaa gitu! Enak deh..
Sekian setoran ke-5 saya.

Salam Jajan Tradisional,

Lidya~Jayapura.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar