Rabu, 10 April 2013

Kue Jenderal Mabok







Berawal dari postingan pertanyaan Mba Lisa (marlinalisa) di milis tentang kue ini saya jadi ikutan penasaran, abis namanya unik dan ternyata mba Desi Roelofs bantu kasih link dan resepnya yang didapat dari blog eabdat.multiply.com, tapi sayang multiply sudah tidak bisa di access lagi sekarang, beruntunglah saya masih simpan resepnya, thanks to mba Desi :D dan Mba Lisa yang sudah bertanya, jadi tau tentang kue ini.
Kalau saya tidak salah baca di blog eabdat itu disebutkan kalau kue ini dari Betawi tapi begitu saya googgling lagi disini dan banyak web lainnya yang menyatakan kalau kue ini ternyata berasal Tanah Grogot, kabupaten Paser, Kalimantan Timur heheh salah baca mungkin saya yah, walau mungkin info dari tanah grogot tidak menyertakan resepnya. Jadi saya juga tidak tau apakah kue Jendral mabok yang dimiliki Kalimantan Timur sama dengan yang dishare oleh eabdat.
Dan hari ini saya dapat lagi info dari blog ini kalo ini dari Banten dan terkenal di tahun 1920an hahah mungkin nenek moyang kita dulunya nomaden jadi kuenya juga dimiliki oleh beberapa daerah. Kalau yang dari banten ini resepnya sama dengan yang diblog eabdat.
Kenapa dinamakan Jenderal Mabok /Mabuk, ngga ada info tentang hal itu tapi sepertinya lebih ke taste dari kue tersebut mungkin yah yang sangking enaknya jadi sampai membuat sang jendral saja jadi mabok hihihi (ini hanya dugaan saya saja).
Waktu baca resepnya karna dari putel jadi saya agak-agak underestimate rasanya, seperti kue/cake dari putel pada umumnya biasanya agak membal tapi ternyataaaaa…..WOWWWW mantaffff, beneran deh kue ini recommended banget, saya pilih finishing dikukus karna lagi males manggang. Waktu nyobain ehmmm kuenya beneran lembut dan wangi pandanya itu loh yang menggugah selera, satu potong ngga  akan pernah cukup hehe.
Karna Cuma mo ngabisin stock putel saya yang ngga seberapa saya Cuma mo buat ½ resep saja tapi ternyata smua suka sampai pada perebutan heheh, buat yang banyak putel bisa dicoba resep ini, maknyuss banget. Suami aja yang biasa agak bawel dengan resep baru sampe order lagi, tapi nunggu stock putel dulu deh sayang kutelnya :P, Ini saya share lagi resepnya
Cake / Kue Jendral Mabok

Bahan 2:
8 lembar Daun Pandan
7 lembar Daun Suji, (silver :karna daun sujinya kurang jadi saya tambahkan pewarna makana warna hijau 2 tetes)
300 cc Santan kental  dari 1 butir kelapa
200gr Gula Pasir
350 Gr Putih Telor
½ sdt Garam
60 Gr Mentega, lelehkan
150 gr Tepung Terigu
Topping (tambahan Silver)
Keju parut
Cherry

Cara Membuat:
  1. Tumbuk halus daun pandan dan suji lalu campur dengan santan, peras dan saring (kalau saya di parut bukan ditumbuk dan santannya direbus agar lebih awet dan tidak cepet basi dan warna sujinya lebih keluar)
  2. Kocok putih telor dengan gula hingga kaku
  3. Campur santan hijau, garam, mentega cair dan tepung, masukan kocokan putel, aduk rata pelan-pelan Tuang adonan dalam Loyang diameter 20cm atau sesuai selera yang telah diolesi mentega dan ditaburi tepung, lalu kukus atau panggang selama 40 menit
  4. Angkat dan dingkinkan, Oles dengan mentega dan taburi dengan keju parut, hias dengan cherry agar lebih cantik :)
Selamat Mencoba ^^

all pic can be viewed @ http://silverlov3.blogspot.com/2013/04/cake-kue-jendral-mabok.html

Best Regards,
   ~  Silvi  ~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar