Minggu, 14 April 2013

Dadar Enten




Disaat yg lain sudah setoran puluhan, angel mencoba keberuntungan yg ke2. Sebagai org yg memulai basic dengan cake ala barat, jujur, membuat kue2 tradisional itu tantangan tersendiri, meski irit bahan dan alat tapi jelas keterampilan tangan itu perlu dipertimbangkan dan tentunya 'sense' of cooking itself

Dadar ini sebenernya lebih dikenal dgn naman dadar gulung tapi aslinya menurut buku "seri masak femina- Masakan dan Kue Tradisional Indonesia" karya hiang marahimin dan roos suyono dadar ini bernama dadar enten.

Enten sendiri dalam bahasa jawa berarti kelapa parut yg diberi gula dalam adat jawa, enten kerap ditemui dalam upacara tingkepan atau tujuh bulanan dalam kehamilan pertama, sebagai makanan yg disajikan sebagai ucapan syukur pada YME
(source: http://denmasdjo.blogspot.com/2011/01/upacara-tingkepan.html)

Dalam perjalanannya, dadar enten tidak semata hanya berisikan enten tetapi ada yang ditambah jagung, nangka, durian dan variasi lain sesuai selera. Berikut resepnya 

Dadar Enten

Bahan 
250 gr tepung terigu
1/4 sdt garam
2 butir telur
600 ml santan dari 1/2 butir kelapa
50 ml air daun suji (susah nemu suji, angel ganti dengan air+pasta pandan)
Margarin untuk olesan

Isi
3/4 butir kelapa yang agak muda, parut memanjang
200 gr gula merah, sisir
25 gr gula pasir
2 lembar daun pandan, potong-potong
200 ml air
1/4 sdt garam
 
Cara Membuat
Campurkan tepung dan garam dalam mangkuk, aduk rata. Buat lubang di tengahnya, pecahkan telur di dalamnya. Aduk sambil tuangi santan sedikit demi sedikit sampai adonan licin. Terakhir masukkan air daun suji dan aduk sampai tercampur betul.

Panaskan wajan datar anti lengket, olesi dengan margarin. Tuang 1 sendok sayur (50 ml) adonan ke dalamnya, dan putar wajan cepat-cepat untuk membuat dadar tipis. Sesudah dadar matang, balikkan dan masak sisi lainnya sebentar, angkat. Taruh dadar bertumpuk di atas piring, dengan memberi sepotong kecil daun pisang atau potongan kertas roti di antara setioa dadar agar tidak saling lengket.

Isi : Campurkan kelapa parut, gula merah, gula pasir, daun pandan, air dan garam, kemudian masak sampai mengering sambil diaduk-aduk, angkat.

Ambil selembar dadar, taruh 1 sendok makan adonan isi ditengahnya. Kemudian lipat ke tiga sisi dadar ke dalam lalu gulung. Hidangkan.


Salam,
Angelia Novincy Umboh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar