Minggu, 14 April 2013

Sanggara' Belanda


Dear hosts, aku laporan lagi ya...

Kue tradisional ini namanya sanggara' belanda atau pisang goreng Belanda. Ngga tau juga kenapa di belakangnya ada nama belandanya. Apa karena dulu awalnya merupakan dessertnya para penjajah Belanda ataukah karena pisang gorengnya beda dengan pisang goreng biasa yang hanya dicelup di tepung. Pisang goreng yang ini menggunakan mentega/margarin untuk campuran fillingnya jadi lebih mlekok rasanya. Ada rasa rasa Belandanya...hehehehe. Itu istilah orang orang tua dulu untuk makanan yang berbau luar negeri.

Sengaja yang digunakan adalah pisang raja karena pisang ini harum, dan tinggi kandungan gulanya. Kalau digoreng cepat gosong karena proses karamelisasi. Biasanya minyaknya menjadi cepat keruh. Pisang digoreng dua kali. Yang pertama untuk mendapatkan aroma khas gorengan pisang raja. Yang kedua untuk menempelkan baluran telurnya. Kalau langsung dicelup dan digoreng akan beda aromanya. Oh iya resep ini tidak bisa menggunakan pisang lain. Harus menggunakan pisang raja yang matang sekali supaya tidak ada jejak sepet sepetnya. Tujuan bahan filling diisikan dalam keadaan masih panas agar gula dan margarinnya meleleh. Nanti yang terlihat hanya kacangnya. Margarin dan gula berubah menjadi saus. Dimakan dingin dingin nikmat beneeeer...

Sanggara' Belanda (Pisang Goreng ala Belanda)

Bahan :
1 pisang raja yang bagus matangnya
1 butir telur, kocok lepas
3 sdm margarin/mentega
4-5 sdm gula pasir
150 gr kacang tanah kupas, tumbuk kasar
minyak untuk menggoreng pisang

Cara membuat :
  1. Goreng pisang sampai kecoklatan. Angkat. Tiriskan. Selesaikan menggoreng semua pisang.
  2. Celup di dalam kocokan telur lalu goreng lagi sampai matang. Angkat.
  3. Panas panas belah bagian tengah pisang dan sendokkan bahan filling secukupnya. Tata di piring saji. Biarkan beberapa jam agar bahan filling meleleh menjadi saus. Bisa juga dimasukkan ke dalam kulkas.
  4. Kalau ingin lebih banyak sausnya bisa membuat larutan karamel dari gula yang dimasak bersama sedikit air sampai kental. Sajikan bersama sanggara belanda.

Salam,
Hesti HH
http://hesti-myworkofart.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar