Minggu, 14 April 2013

Proll Tape Kenari & Proll Tape Kismis Keju


Dear Peri NCC JTIW,
Terima kasih banyak atas kesempatannya kali ini.
Sebenarnya dari awal sudah ingin laporan, tadinya saya mau buat ‘Sawut’, jajanan dari singkong, favoritku waktu kecil. Pertama kali bahan lengkap, aku eksekusi di dapur, saat pengukusan aku tinggal mengurusi si bungsu, eh kelupaan jadinya lebih lembek seperti jajanan ‘Lemet’, berhubung tidak ada daun pisang untuk membungkus dan dijadikan ‘Lemet’, gagal deh mengirim laporan.
Kedua kalinya, bahan lengkap, eh ternyata keduluan ayah saya mengeksekusi bahan, jadilah sawut yang tiba-tiba muncul di meja makan, hahaha.
Ketiga kalinya, berkonsultasilah saya ke Mbak Angelia Novincy Umboh (NCCer Jakarta), dan saya berterima kasih juga ke Eka Karlina (NCCer Cirebon) yang sudah menginspirasi kali ini. Akhirnya saya bisa membuat jajanan untuk laporan ke NCC Jajanan Tradisional Indonesia Week.
Proll tape kali ini saya dedikasikan untuk ayah saya, yang dua hari lalu ingin dibuatkan proll tape, salah satu favorit jajanan ayah saya, dan sayapun sering menemui jajanan ini ketika kecil di Kota Malang – Jawa Timur. Resep ini, tapenya terasa sekali, karena saya tambahkan lebih banyak atas permintaan ayah saya. Dan satu adonan saya membuat 2 macam (2 loyang).
Berikut resepnya.

PROLL TAPE KENARI & PROLL TAPE KISMIS KEJU Ala PUTRI PERMATASARI

Bahan :
500 gr tape
100 gr gula pasir
1/2 sdt garam
4 btr telur
100 gr terigu protein sedang
150 ml susu cair
70 gr margarin (lelehkan)
50 gr keju parut
1 kuning telur utk olesan
Kismis (rendam dalam air panas, kemudian tiriskan)
Kacang kenari

Cara membuat :
  1. Campur dan aduk tape, gula, dan garam sampai gula larut, kemudian tambahkan telur, aduk rata kembali.
  2. Masukkan terigu, aduk rata, tambahkan susu, aduk rata, kemudian masukkan margarin cair. Aduk rata kembali.
  3. Bagi 2 adonan ke dalam wadah. Siapkan 2 loyang. Yang pertama tuang ke loyang 18 x 18 x 4 cm yg sudah dioles margarin & dialasi dengan kertas roti. Adonan kedua, masukkan setengah dari keju parut (25 gram) ke dalam adonan dan aduk rata, baru kemudian dimasukkan ke dalam loyang yang telah dioles margarin dan dialasi kertas roti.
  4. Panggang sekitar 10-15 menit, saya menggunakan oven tangkring, mohon kenali oven masing-masing, keluarkan 2 loyang tersebut, oles kuning telur, yang pertama taburkan kenari, loyang kedua taburi kismis & sisa keju parut.
  5. Panggang dalam oven kembali sekitar 20 mnt sampai kuning kecoklatan & matang.
  6. Dinginkan, potong dan siap disajikan.
Demikian, selamat mencoba.

Salam Jajanan Indonesia,
Putri Permatasari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar