Minggu, 14 April 2013

Semar Mendem Isi Ayam


Laporan borongan nih.
Saya termasuk pecinta lemper. Kalau ada yang menyajikan jajanan pasar yang pertama saya cari itu lemper. Pertama kali melihat Semar Mendem masih aneh karena saya belum tahu kalau dalamnya itu lemper, sampai diberitahu teman. Setelah itu langsung ketagihan, tapi sayangnya tidak banyak yang menyajikan semar mendem diantara jajanan pasar ketika ada acara. Saya malah berpikir kalau  kulitnya itu dari telur dadar saja, hehe.. Akhirnya kesampaian bikin karena JTIWnya NCC. Masih dalam rangka menghindari penggunaan santan, jadi tetap diganti susu UHT. Bahannya pun seadanya di rumah dan entah kenapa tukang sayur belum lewat-lewat juga.

Semar Mendem Isi Ayam Tanpa Santan INDONESIA
Resepnya Bu Fat Modifikasi oleh Qiqie

Bahan:
500 gr   beras ketan
600 ml  susu UHT
1 sdt     garam
2 lbr      daun salam
Bahan dadar:
250 gr   tepung terigu
3 btr      telur
500 ml  susu UHT
½ sdt    garam
1 sdm mentega leleh
Bahan Isi: (pakai takaran kira-kira, tinggal dicicip dan pakai bahan seadanya di rumah. Bisa ditambah setengah atau 1x lipat supaya isinya lebih banyak)
100 gr  daging ayam cincang
100 ml susu UHT
5 siung bawang merah
2 siung bawang putih
Garam secukupnya
Gula pasir sedikit
Jintan bubuk sedikit
Merica bubuk sedikit
Ketumbar secukupnya
Minyak kelapa untuk menumis

Cara membuat:
  1. Cuci beras ketan hingga bersih, kukus sampai panas kepul-kepul. Sementara itu masak susu, garam, dan daun salam jangan sampai mendidih, cukup panas saja. Matikan api. Masukkan ketan panas kedalam susu, aduk hingga terendam. Diamkan sampai susu terserap habis dan beras ketan menjadi aron. Kukus lagi 20 menit. Angkat.
  2. Bahan Isi:  Haluskan bawang merah, bawang putih dan ketumbar. Campurkan dengan garam, gula pasir, jintan bubuk dan merica bubuk. Tumis menggunakan minyak kelapa. Masukkan ayam dan susu, hingga matang.
  3. Ambil 1 sdm munjung ketan, pipihkan, beri 1 sdt ayam cincang, lalu bulatkan dan kepal-kepal padat, dan bentuk lonjong. Lakukan untuk semua ketan
  4. Dadar : taruh dalam wadah, tepung terigu, garam dan telur, aduk rata sambil dituangi susu sedikit demi sedikit hingga susu habis. Buat dadar tipis-tipis.
  5. Penyelesaian: ambil satu lembar dadar, letakkan ketan kepal ditengahnya, lipat seperti amplop.
Salam lemper, eh semar mendem..
Qiqie – Kue Nayla

Tidak ada komentar:

Posting Komentar