Minggu, 14 April 2013

Wedang Sekoteng


Dears Trio Host,

Setoran penutup saya yang anget-anget di event NCC  JTIW ini dan juga adalah setoran saya yg ke 15, yaitu Wedang Sekoteng.

Sekoteng ini sdh saya siapkan dr pagi utk dinikmati bersama keluarga dimalam hari.

Resep saya lihat dari kumpulan resep keluarga nugraha, dgn beberapa penambahan sesuai selera saya, salah satunya penambahan pentol Biji salak yg berwarna hijau. Kadang2 saya ganti dgn pentol candil.
Karena kmr baru setoran Biji salak jadinya utk isian sekoteng kali ini saya tambah pentol biji salak yg dibubuhi pasta pandan.

WEDANG SEKOTENG

Bahan:
150 gr kacang hijau, rendam semalam lalu rebus sampai empuk
150 gr pacar cina, rendam 30 mnt, lalu rebus sampai empuk (bs jg diganti dgn biji delima)
3 lbr roti tawar tanpa kulit, potong dadu

Tambahan dr sy:
150 gr kacang tanah, goreng (optional)
Pentol biji salak hijau, (resepnya bs dilihat dari setoran Biji salak saya yg sebelumnya ya.)
Susu Kental Manis secukupnya

Bahan Kuah :
1 ltr air
125 gr jahe buang kulitnya, potong2 kecil lalu memarkan
2 lbr daun pandan, sobek2
225 gr gula pasir (sy pakai 175 gr)
100 gr gula merah (tambahan dr saya)

Cara membuat :
  1. Rebus bahan kuah sampai mendidih lalu saring
  2. Dalam mangkung saji, isi kacang hijau dan pacar cina, siram bahan kuah lalu tabur potongann roti tawar dan kacang tanah
  3. Sekoteng siap d nikmati (sajikan dalam keadaan panas)


Salam Hangat,

Wenny

Tidak ada komentar:

Posting Komentar