Minggu, 14 April 2013

Pisang Aroma Coklat Keju


Dear Host JTIW,
Pertama kali kenal Pisang Aroma waktu kuliah di Bogor. Sering beli yang jualan di gerobak di Merdeka kalau mau naik kereta ke Jakarta. Isinya macam-macam ada pisang, pisang coklat, nangka, keju. Favorit saya yang pisang coklat dan nangka. Pernah beli di tempat lain tapi kurang mantap, tapi tidak tahu bedanya apa. Sudah hampir 10 tahun tidak pernah beli pisang aroma lagi, karena terakhir beli di Jakarta dan kecewa.
Lihat laporan beberapa pisang aroma dan penasaran apakah bisa dibuat dari kulit yang biasa untuk Amris. Hasilnya memang tidak segaring yang biasa jualan di gerobak tapi rasanya gak kalah deh. Mungkin next time bisa dimodifikasi lagi untuk kulitnya supaya dapat hasil yang garing.

PISANG AROMA

Kulit:
Pakai resep kulit amrisnya Bu Fat
100 gr               tepung terigu
1 sdt                 garam (saya ganti gula pasir 1 sdt)
3 btr                 telur (saya pakai 1 butir)
250 ml               susu cair
1 sdm                mentega, lelehkan

Cara membuat:
Ayak  terigu,  taruh  dalam  mangkuk  bersama  gula pasir. Buat lubang ditengah, pecahkan telur di dalamnya, aduk satu arah.
Tambahkan  susu sedikit demi sedikit, hingga adonan menjadi licin dan halus.
Tambahkan susu hingga habis, masukkan mentega leleh.
Tutup adonan dengan plastik, diamkan 30 menit.
Buat dadar menggunakan kwalik.

Bahan Isi:
1 sisir pisang uli
Mesis, gula pasir dan keju parut untuk taburan isi)

Cara membuat:
Ambil 1 lembar kulit amris/crepes, taruh pisang memanjang, taburi dengan mesis, gula pasir dan keju parut secukupnya, gulung, lalu digoreng.
Saya menggoreng dengan menggunakan api besar dan hanya sebentar untuk mengurangi menempelnya minyak yang berlebih, tetapi ternyata masih terlalu berminyak. Kebetulan saya tidak punya kertas untuk menyerap minyak. Jadi saya menggunakan tisu untuk mengurangi minyak yang menempel.

Salam,
Qiqie – Kue Nayla

Tidak ada komentar:

Posting Komentar