Minggu, 14 April 2013

Sokko' Toraja


Hosh..hosh..(lap keringet). Dear Trio TAH..Ngejar laporan di penghujung week2an yaaa...

Penganan ini asalnya dari Toraja kampung ku tercintah. Seumur-umur baru 2x pulang kampung nih. Yang diinget, kalo dari Makassar, harus naik bis lagi kurang lebih 7jam untuk sampai di kampungnya mama di daerah Bittuang. Nah, klo naik bis itu kan suka mampir-mampir dulu di tempat persinggahan untuk makan or memenuhi "panggilan alam" hehe.. Salah satu penganan yang disajikan di tempat persinggahan itu biasanya Sokko' ini. Sokko' tuh sebenarnya cuma ketan yang dimakan sama sambel dari kelapa. Simpel ya? 

Nah, resep ini hasil nanya-nanya ke mamaku. Tipikal emak-emak kan klo masak tuh ga pake takaran ya. Jadi terpaksa nebak-nebak sendiri deh gimana cara masaknya. Akhirnya untuk masak ketannya aku pake resep lemper NCC..hehe..TQ Bu Fatmah.. Sisanya resep kira-kira ya. Oia, maaf fotonya seadanya ya.. Soalnya cuma foto pake kamera HP.

Sokko' Toraja

Resep ketan dari Lemper NCC

Bahan ketan :
500 gr   beras ketan (pake ketan hitam)
600 ml  santan (dari 1 kelapa)
1 sdt     garam
2 lbr      daun salam
1 ruas lengkuas (tambahan sesuai resep mama)

Cara membuat:

Cuci beras ketan hingga bersih, kukus sampai panas kepul-kepul. Sementara itu masak santan, garam, lengkuas dan daun salam hingga mendidih. Matikan api. Masukkan ketan panas kedalam santan, aduk hingga terendam. Diamkan sampai santan terserap habis dan beras ketan menjadi aron. Kukus lagi 20 menit. Angkat.

Resep sambal Sokko ala Nenek Felice

Bahan:
Kelapa parut (dari 1 kelapa)
5 Bawang merah
4 Bawang putih
1 bh Tomat
5 cabe keriting
Garam & gula secukupnya

Cara membuat:
- ulek semua bumbu (aku blender semua heheh)
- Tumis bumbu halus sampai harum
- masukkan kelapa parut
- masak semua sampai matang
- angkat, sajikan dengan ketan


Regards,
Lina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar