Minggu, 14 April 2013

Dadar Gulung tanpa santan


Dear Host JTIW,
Ini laporan ke-3 saya.
Dalam rangka menghindari penggunaan santan pada masakan, saya mengganti santan dengan susu UHT pada resep Dadar Gulung. 

DADAR GULUNG INDONESIA
Resep Bu Fat modifikasi oleh Qiqie
 
Bahan kulit:
2 btr     telur
250 gr  tepung terigu
500 ml  santan (saya pakai susu UHT 500 ml + 100 ml)
½ sdt    garam
2 tetes  pewarna hijau (saya pakai 1 sdm pasta pandan)
minyak goreng untuk polesan. (saya tambahkan sedikit sekali minyak kelapa pada adonan agar kulitnya lebih moist/tidak kering dan tidak lengket saat didadar)
Bahan isi :
½ btr    kelapa parut (+170gr)
150 gr  gula jawa sisir halus (saya pakai 100 gram tapi ternyata masih terlalu manis)
2 lbr     daun pandan     
100 ml  air

Cara membuat:
Dadar :
Taruh tepung dalam wadah, beri telur dan garam, aduk sambil tuangi susu sedikit demi sedikit hingga susu habis dan menjadi adonan encer. Beri pasta pandan, aduk rata.
Tambahkan minyak goreng + 1 sdt.
Dadar dengan menggunakan kwalik. 

Isi :
Campur semua bahan dalam wajan biasa, masak dengan api kecil hingga menjadi adonan unti.
Penyelesaian: 
Ambil selembar kulit. Letakkan 1sdm adonan isi. Lipat dan gulung.seperti amplop.

Hasilnya karena kulit terlalu tebal, saya tambahkan susu UHT 100 ml. 

Salam,
Qiqie – Kue Nayla

Tidak ada komentar:

Posting Komentar