Senin, 18 Maret 2013

Apem Saus Kinca



Siang host TAH, ini setoran JTIW ku yg ke 3.
Kue apem ini salah satu makanan tradisional kesukaanku. Baik yg pakai saus kinca atau yg dicocol kelapa parut.
Kali ini aku bikin edisi yg memakai saus kinca. Sayaannggg banget sebelum saus kinca aku bikin ternyata sudah di ganyang oleh jagoan jagoanku. Hanya bisa sedikit saja yang dapat terselamatkan. Alhasil males deh bikin kinca nya.
Resep aku dpt dari saji.

APEM POTONG SAUS KINCA
Bahan :
* 75gr gula pasir
* 175ml air kelapa
* 1lembar daun pandan (aku pakai 5)
* 200gr tepung beras
* 225ml santan dr 1/2butir kelapa
* 1/2sdt ragi instan
* 75gr tepung terigu protein sedang.
* 1/2 sdt baking powder (krn habis aku pakai 1/4 BPDA)
* 1sdt garam
Bahan Saus :
* 150gr gula merah disisir
* 1lembar daun pandan
* 1/8sdt garam
* 300ml santan dari 1/2butir kelapa.
Cara :
1. Rebus gula, air kelapa dan daun pandan smp mendidih. Biarkan hangat.
2. Tuang sedikit sedikit ke dlm tepung beras. Uleni 15mnt sampai adonan dingin.
3. Masukan santan, ragi, terigu, baking powder dan garam. Aduk rata. Diamkan 45mnt.
4. Tuang ke loyang 16 x16x7cm yg dialas plastik.
5. Kukus 30mnt dgn api sedang.
6. Saus : Rebus semua bahan saus sambil diaduk smp mendidih. Saring.
7. Sajikan apem dengan sausnya.

Salam,
Ade
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar