Senin, 18 Maret 2013

Ketan Lapis Srikaya Pandan



Dear Trio Host yang baik hati,
Perkenankan saya abg mau ikutan setoran jajanan pasar tempo dulu nih.
Saya tidak tahu darimana aslinya kue ini, tapi yang pasti kue ini
mengingatkan saya ke -/+ 30 tahun yang lalu, dimana saat itu saya begitu
setianya menunggu ibu pulang dari pasar karena beliau selalu membeli
penganan ini sebagai oleh-oleh untuk saya dan adik.
Sekarang, saya mencoba untuk membuat penganan favorit ini, resepnya saya
dapat dari tetangga yang ketua PKK dan rajin banget membuat kue-kue
tradisional.
Demikian resepnya.
KETAN LAPIS SRIKAYA PANDAN
Bahan Lapisan Ketan :   600 gr beras ketan putih
                        350 ml santan dari 1/2 butir kelapa
                        1 sdt garam
Bahan Lapisan Srikaya : 6 butir telur
                        300 ml santan kental (saya pake Kara)
                        300 gr gula pasir
                        1 sdt garam
                        60 gr tepung terigu
                        30 gr maizena
                        50 ml air perasan daun pandan (saya dari 10 lbr
pandan)
Cara Membuat :
Lapisan Ketan
*  Cuci bersih ketan, rendam selama 2 jam.
*  Kukus ketan sampai setengah matang (30 menit)
*  Sementara itu didihkan santan dan garam. Setelah mendidih matikan api.
*  Masukkan ketan yang telah dikukus kedalam santan, aduk sampai santan
terserap habis.
*  Kukus kembali ketan sampai matang (20 menit).
*  Oles loyang kotak 22x22 dengan minyak goreng. Kemudian padatkan ketan di
loyang, tusuk-tusuk dengan
    garpu di permukaannya. Sisihkan.
Lapisan Srikaya
*  Kocok lepas telur, masukkan santan. Setelah itu masukkan semua bahan
lain, setelah tercampur rata, saring
    adonan.
*  Masukkan ke atas lapisan ketan.
*  Kukus kembali selama 30 menit.
*  Angkat dan dinginkan.
Note :
Kuenya jangan dipotong selagi masih panas ya, ditunggu sampai dingin dulu,
potong menggunakan pisau yang sudah dioles tipis minyak goreng. Karena kalau
panas-panas sudah dipotong dijamin akan nempel dengan sempurna.
Demikan laporan dari saya, semoga berkenan dan semoga bisa diberi badge yang
lucuuu dari trio Host.
Terima kasih.
Hedy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar