Senin, 18 Maret 2013

Kembang Tahu







Selamat siang NCCers dan trio host TAH yang cihuy...

Untuk memenuhi janji mau setoran lagi untuk memeriahkan NCC Jajan Tradisional INDONESIA Week, kali ini yang saya buat adalah kembang tahu yang menurut mbah Gugel aslinya berasal dari kota Bogor. Mohon koreksinya kalo salah yaaaa...

Zaman waktu masih bocah bandel sering banget liat abang yang jualan kembang tahu ini. Hampir tiap siang pasti lewat bawa pikulan sambil mukulin
mangkok yang terbuat dari bahan seperti seng. Ga yakin juga sih apaan yang diketok, lupa. Maklum dah lama banget. Sekarang susaaaah banget sekarang cari si abang kembang tahu ini. 

Inget dulu di milis pernah ada topik yang mencari resep kembang tahu dan saya sempet copas resep yang dishare oleh mba Vonny Setiady dan merupakan resep warisan dari neneknya. Hanya saya di resep tidak tercantum takaran air jahenya (Colek mba Vonny, makasih resepnya ya). Memang kembali lagi ke selera masing-masing sih. Selain kadang kadar manis dari gula merah juga suka berbeda-beda, juga  tergantung seberapa hangat aka pedas air jahe yang disukai. Kalau saya sekeluarga kebetulan suka yang tidak terlalu manis tapi pedes des des :) Berikut resepnya:

Kembang Tahu
Sumber: Vonny Setiady

Bahan kembang tahu:

250gr kedelai (rendam semalam, pagi hari kupas kulitnya dengan cara menggiling dengan 2 telapak tangan)
air 1 1/2lt
daun pandan -> saya pakai 2 lembar
Jahe 2 iris -> saya 4 iris kurang lebih dari jage yang sebesar jempol kaki (ga enak banget perumpamaannya, abis bingung apalagi)
Cioko/sekau/GDL 4gr

Cara membuat:
1. Kedelai diblender dengan air 1 1/2lt, peras dengan kain -> untuk menyaring
2. Masak sampai mendidih dengan ditambah irisan jahe dan daun pandan
3. Cioko dilarutkan dengan 4sdm air
4. Taruh cioko yang sudah dilarutkan di panci stainless/mangkuk keramik -> saya kemarin pakai pyrex
5. Tuang susu kedelai yang sudah masak ke dalam tempat yang sudah ada larutan ciokonya
6. Jangan diaduk dan tutup selama 15 menit

Bahan air jahe:
gula merah -> saya kurang lebih 200gr
Jahe yang sudah  dibakar-> saya kurang lebih 175gr, campur jahe biasa dan jahe merah jadi lebih pedes
Air secukupnya

Cara membuat:
Keprek jahe dan rebus semua bahan sampai mendidih -> kemarin saya 1lt

Gampang banget kaaan....? Sekian laporan saya kali ini.

Terima kasih...

Okky Lasiny
www.facebook.com/okkylasiny

1 komentar:

  1. Saya memakai sekau, tapi rasa tahunya agak kelad or rasa lengket dilidah??

    BalasHapus