Senin, 18 Maret 2013

Cente Manis





Hai trio host yang ramah dan kerjanya super cepat. Wusss... Jadi ingin setor lagi dan lagi nih. Hehehe.... Kebetulan lagi libur ngajar karena kelas XII sedang melaksanakan Ujian Sekolah. Sebenarnya sehari bisa 2x buat cemilan kalau lagi libur begini. Kemarin lusa selain buat Colenak yang disetorkan, saya juga buat bubur jongkong, kemarin buat Cimol dan Cilok. Cuma kadang gak sempat menata dan memfotonya.

Setoran ke 4 ini adalah kue yang masih relatif mudah proses pembuatannya, juga dikenal dengan nama kue Cantik Manis. Biasanya dijual dalam bungkus plastik kaku. Saya lebih suka dibungkus daun pisang karena ada aroma daunnya dan lebih berkesan tradisional.

Tadi anak perempuan saya yang berumur 4 tahun tanya "bunda makan kue apa?" saya jawab "kue Cantik Manis, yang makan kue ini langsung jadi cantik dan manis" langsung deh dia ikut makan langsung 3 bungkus terus gak lama tantenya datang anak saya langsung bertanya "Ain cantik gak?" tantenya bengong deh. Hahaha....
Resep saya comot dari http://m.hobimasak.info/resep-cente-manis/

CENTE MANIS
BAHAN :
Biji delima 100 gram rebus sampai matang (saya gunakan sagu mutiara warna warni)
siram air dingin dan tiriskan
Santan dari 1 butir kelapa 750 cc
Garam secukupnya (saya bubuhkan 1/2 sdt)
Gula pasir 250 gram
Tepung hunkwee (1 bungkus) 100 gram
Buah nangka 10 buah (buang isinya potong-potong 1×1 cm) ( saya tidak gunakan Nangka)
Daun pisang untuk pembungkus


CARA MEMBUATNYA :
1.Cairkan tepung hunkwee dengan sedikit santan
2.Rebus sisa santan, gula, nangka aduk sampai kental dan matang
3.Bungkus dengan daun pisang dengan isi tiap bungkus 2/3 sendok makan (saya buat versi jumbo dengan 1 sendok sayur)
4.Didinginkan, dan rapikan daunnya. (Saya masukkan kulkas setelah dingin)

Ani Verdiyanti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar