Senin, 18 Maret 2013

Bingke


Hai trio TAH, ini setoran saya yang kedua, saya belum pernah makan bingke sih sebelumnya, qiqiqi… Cuma pas baca bahan bahannya kayaknya koq enak. Teksturnya lembuuuuuut banget, ga usah dikunyah pokoknya. Katanya Bingke ini berasal dari Banjar (Kalimantan Selatan)
Resepnya saya ambil dari buku Primarasa “Kue Tradisional dan Kudapan”
Semoga berkenan yaaa

Bingke

6 butir telur
100 gr gula pasir (kalo ga suka manis kurangi saja, menurut saya terlalu manis)
1 sdm terigu, larutkan dengan 4 sdm air
½ sdt vanili
150 ml susu kental manis
300 ml air
2 lembar daun pandan, potong-potong
Margarine untuk olesan

Cara membuat :
Panaskan oven pada suhu 180° C. kocok telur dan gula pasir sampai gula larut (telur tidak perlu sampai naik). Campur larutan tepung terigu bersama vanili, lalu masukkan ke dalam telur kocok
Campur susu kental manis dengan air sampai rata, masukkan ke dalam adonan telur, masukkan potongan daun pandan, aduk
Olesi Loyang tahan panas ukuran 18 cm (saya pakai 20 cm) dengan margarine. Taruh Loyang di atas nampan berisi air
Panggang dalam oven selama 60 menit (saya koq 1, 5 jam ya, hehehe) hingga berwarna kuning kecoklatan.
Angkat, dinginkan, kemudian potong - potong

Salam jajanan tradisional Indonesia,
Intan Permatasari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar