Minggu, 14 April 2013

Dodol Kacang Merah



Host tercinta, bertiga yang cantik nan sibuk

Cerita orang yang baca resep hanya sekejap....? ya saya ini, dalam resep terbaca "kulit jagung" untuk membungkus. minta tolong lah saya untuk menjemur kulit jagung...

Setelah memulai persiapan bahan, dan membaca resep sekali lagi, melotot deh mata dan geli sendiri..ternyata si adonan dodol dibungkus di kulit jagung yang masih mentah..lalu di jemur berbarengan dengan dodol di dalamnya, hingga kering.....hadeeeeuuuuuh !!

Gimana yaaa...akhirnya, kulit jagung yang sudah kiriwil tadi saya rendam air supaya melunak... sambil mikir..alaaaah pantes aja si dodol bisa keras..da ternyata dijemur barengan....hihihihi  hebaaaaaat nini-nini kuliner jaman duluu, kepikiiir aja caranya !!

Dodol Kacang Merah (source : resep masakan buat usaha)

Bahan:
1/2 kg kacang merah  yang telah di rebus,dan tiriskan (choper bila sudah dingin)
750 gr  gula merah aren
1 ujung sendok paneli bubuk 
4 lembar daun pandan
pelepah jagung ,untuk bungkus
1 liter santan yang di ambil dari 1 butir kelapa (kara)

Cara membuatnya:
kacang yang telah direbus haluskan, air santan masukan kedalam wajan dan masukan gula,aduk-aduk sambil direbus sampai mendidih,masukan lacang dan terus di aduk sampai mengental dan angkat,setelah dingin bungkus dengan daun jagung dan jemur sampai kering,selamat mencoba.

Seperti biasa ...saya ga pandai membungkus nya...jadi saya terpaksa memakai cara-lain yang masuk akal ..hehehehe, dibungkus plastik dan diberi pita, atau dibungkus memanjang ala lepet... demikian laporan di penghujung acara..

Salam Cinta buat kalian bertiga,
Nicke JJ
 

2 komentar: